Foto Saya

Home » » JALALUDDIN RUMI "FIHI MAA FIHI"

JALALUDDIN RUMI "FIHI MAA FIHI"



Di antara Tuhan dan manusia hanya terdapat dua hijab – yaitu kesehatan dan kekayaan—dimana hijab-hijab yang lain datang dari keduanya. Orang-orang yang merasa sehat tidak pernah mencari dan melihat Tuhan, tetapi ketika sakit menimpa mereka, mereka pun akhirnya akan menangis dan menyeru, “Oh Tuhan! Oh Tuhan” dan pasrah kepadaNya. Karena itu, kesehatan menjadi hijab mereka dan Tuhan tersembunyi di balik penyakit yang dirasakannya.

Selama manusia memiliki kekayaan,  mereka akan memuaskan keinginan-keinginannya, bersenang-senang sepanjang siang dan malam. Tetapi ketika mereka jatuh miskin, semangatnyapun melemah lalu kembali kepada Tuhan.

Mabuk dan kemiskinan membawamu datang padaku,
Aku adalah budak mabukmu dan kebutuhanmu.

Tuhan telah memberikan Fir’aun empat ratus tahun kehidupan, kerajaan dan kesenangan. Akan tetapi semua itu menjadi hijab baginya yang menjauhkannya dari Tuhan. Dia bahkan dalam satu hari tidak pernah mengalami sesuatu yang tidak diinginkannya, tidak pernah sakit, sehingga karena itulah dia benar-benar melupakan Tuhan. Tuhan lalu berfirman, “Turutilah apapun yang kamu inginkan, dan kamu tidak usah memikirkan Aku. Selamat malam!”

Raja Sulaiman tumbuh dalam pemerintahannya diselimuti kebosanan,
Tetapi sakitnya tidak pernah sembuh dengan kesibukan.

JALALUDDIN RUMI

0 komentar:

Posting Komentar

Halaman

Twitter

 
Support : http://sempugi.org/ | Your Link | Your Link
Copyright © 2014. Haeruddin Syams - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger