Foto Saya

Home » » SEJARAH KERAJAAN SUPPA Part II

SEJARAH KERAJAAN SUPPA Part II

ILUSTRASI, Sumber : http://goo.gl/lhB5cq
Sejarah Kerajaan Suppa Part I saya telah menjabarkan tentang proses terbentuknya kerajaan suppa oleh kedatangan To Manurung We Tipulinge yang kemudian ia dinobatkan sebagai Datu Suppa pertama oleh masyarakat Suppa. Untuk kesempatan kali ini saya akan mepaparkan regenerasi dari Datu suppa.

****

Dengan dianggakatnya We Tipulinge sebagai Datu Suppa pertama dan setelah ia di persunting oleh Labangngenge Manurung Ri Bacukiki maka terbentuklah keluaga dalam kerajaan Suppa, ini kemudian menjadi cikal bakal regenerasi Datu Suppa yang kelak akan meneruskan kepemimpinan.
Dari persilangan kedua To Manurung Suppa dan Sawaitto, kemudian melahirkan tiga orang anak,

1.    Lateddung Lompoh (lk)
2.    Laboting Langi (lk)
3.    We Pawawoi (pr)

Atas kehendak kedua orang tuannya, Lateddung Lompoh ditunjuk sebagai Datu Suppa sekaligus merangkap sebagai Addatuang Sawitto. Kebijakan itu kemudian menimbulkan kekecewaan dari adiknya karna ia hanya diberikan kerajaan kecil yaitu Tanete. apa’na akkarungang baiccu-mi ripamanakiangngi “Hanya kepemimpinan kecil diwariskan kepada saya” kata  Laboting Langi yang menjabat sebagai Arung Tanete. (sumber : Terjemahan Lontara Suppa Dinas Sosial, Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Pinrang 2012). Sedangkan adiknya yang bungsu We Pawawoi menjadi Arung di Bacukiki, dan di nikahi oleh anak Addaowang Sidenreng La Songko Ulaweng.

Tanpa menafikkan alasan/pendekatan yang lain, mungkin saja garis hirarkis yang menjadi salah satu pertimbangan kenapa Lateddung Lompo yang diberi kuasa penuh untuk menggantikan ayah dan ibunya di Suppa dan Sawitto. Karna Datu Suppa yang menggantikan La Teddung Lompo juga merupakan anak pertamanya yaitu La Putebuluh. Akan tetapi Jika kita menggunakan pendekatan lain, biasanya dalam budaya Bugis, anak yang paling mirip dengan sosok ayah dan ibunya yang akan mewarisi pusaka sebagai bukti bahwa dia adalah pemimpin selanjutnya. Mirip yang di maksud bukan secara biologis akan tetapi karakter. Walaupun Itu hanya hipotesis saya dan masih membutuhkan pendalam data yang falid untuk kebenarannya.

-HS’Masagenae

0 komentar:

Posting Komentar

Halaman

Twitter

 
Support : http://sempugi.org/ | Your Link | Your Link
Copyright © 2014. Haeruddin Syams - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger