Foto Saya

Home » » FREEDOM : Gaya Penulis Amatir

FREEDOM : Gaya Penulis Amatir

1/Februari/2014

-HS'Masagenae
 HARI ini, aku berhasil merobohkan tembok yang mengurung inisiatif, kreativitas, dan pemikiran kritisku dikala aku sedang membuat sebuah coretan, tembok yang selama ini menjadikanku sebagai penulis plagiat dan aku pun terkadang menulis hanya untuk memenuhi hasrat para pembaca agar disebut sebagai seorang yang hebat dengan mendapat pujian, hingga aku harus mengikuti gaya menulis orang lain padahal hal itu sangat berbeda dengan kedirianku.

Dengan robohnya tembok itu, aku memulai lagi membuat coretan dengan gayaku sendiri, menorehkan perjalanan dan pengalaman hidup di blogg kesayanganku agar kelak aku bisa menertawainya ketika aku membaca ulang coretan itu. Aku juga akan menorehkan coretan pahit dan manisnya cerita hidupku beserta dengan orang-orang yang selalu mensupportku, mengulurkan tangan di saat aku terjatuh, menopang bahuku setiap kali aku ingin melangkahkan kaki untuk belajar dan terus belajar menulis.

Baru kali ini aku sepakat dengan pemikiran kaum muthazillah, mereka adalah kaum yang berpendapat bahwa manusia itu memiliki kehendak bebas untuk memilih. Ketika Tuhan telah menciptakan manusia maka tidak ada lagi garis hirarki antara manusia dengan Tuhan. Kuasa Tuhan hanya sampai kepada pencipaan dan setelah itu manusia memiliki kehendak bebas untuk menentukan takdirnya sendiri. Segala sesuatu yang dilakukan manusia adalah kehendak bebas mereka. Kaum Muthazillah telah memberikan corak dalam dinamika peradaban islam di abad ke dua Hijria mereka muncul sebagai kelompok yang melakukan perlawanan terhadap penindasan yang dilakukan oleh pemerintah pada saat itu yang didominasi oleh kaum Asyaria.

Aku baru saja tersadar, betapa bodohnya aku selama ini yang terlalu determinis dengan membiarakan karakter menulisku di bentuk oleh kebutuhan para pembaca yaitu mereka para pengguna sosial media yang senantiasa mencari informasi di situs-situs berita On-Line karna ingin mengupdate perkembangan  dinamika politik Indonesia, peristiwa-peristiwa penting yang terjadi diberbagai tempat, aktivitas selebriti idola mereka, dan tindakan-tindakan kriminal yang merajalela di berbagai daerah.

Kesadaran itu kemudian membuat aku bertanya-tanya, Baut apa aku menulis tentang semua itu? terutama tentang aktivitas selebriti yang selalu populer di dunia maya dan menjadi berita headline di media On-Line dengan membeberkan privasi mereka kepada publik melalui para wartawan mulai dari nikah-cerai, putus-nyambung, sampai pakaian dan makanan kesukaan mereka. Toh aku juga tidak bakalan di gaji kalau menulis tentang mereka karna aku bukan seorang wartawan media On-Line.

Dan aku juga tidak ingin larut dalam meanstrem, yang mengkategorisasikan tulisan keren dengan mencontoh gaya menulis para akademisi dan penulis-penulis terkemuka. karna aku menulis bukan untuk mencari uang seperti mereka, lagian aku juga tidak memiliki embel-embel dibelakang yang namaku yang menuntut untuk membuat tulisan, karna gelar akademisi yang mereka miliki sebagai seorang penulis yang membuat mereka harus selalu menulis untuk memenuhi permintaan pasar yaitu hasrat para pembaca berita.

FREEDOM adalah bekal dan modal utamaku sebagai penulis amatir, dengan kebebasan itu aku akan  menulis untuk memperjuangkan hak-hak saudaraku yang dirampas oleh rezim penindas, mengkritik segala bentuk penyimpangan yang dilakukan oleh pemerintah, berbagi pengetahuan kepada orang lain dan mengabadikan potret perjalanan hidupku dengan membuat coretan di dinding Bloggku. Kalau pun ada orang yang mencemooh coretanku, pastinya aku akan selalu berbesar hati menerimanya, toh yang kotor itu dinding Bloggku sendiri jadi buat apa aku risih dengan cemooh itu.

Aku adalah penulis amatir yang bebas !!!

Oleh karna itu aku akan senantiasa membuat coretan dengan gayaku sendiri, menorehkan gagasan-gagasanku agar kelak itu bisa bermanfaat, sembari mengasa kemampuan sebagai penulis amatir.

-HS'Masagenae

0 komentar:

Posting Komentar

Halaman

Twitter

 
Support : http://sempugi.org/ | Your Link | Your Link
Copyright © 2014. Haeruddin Syams - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger